12 Jumadil Awwal 1440 H

Mulutmu harimaumu.

Kategori Motivasi
Di lihat 588 kali

Hits: 45

Mulutmu harimaumu.
Oleh: Dwiwap.com

Setiap orang tanpa di sadari dapat mengatakan hal-hal yang menyingnggung orang lain. Mungkin tanpa sengaja manusia mudah di pengaruhi dan suasana yang dapat membuat mulut berkata kasar. Perkataan yang keluar tanpa sadar juga terkadang menyakitkan hati orang lain.

Jika sedang marah cobalah untuk menjauh dan diam dulu.
Jika sedang tidak sabar, cobalah mengambil air wudu, duduk atau berbaring untuk menenangkan diri.
Jika emosimu sedang tinggi cobanalah menarik napas lalu berzikirlah dengan menyebut dan mengingat Allah.
Jika anda dapat menahan sabar pada saat diri anda marah, hal itu dapat menghindari ribuan penyesalan di masa datang. (Ali bin Abu thalib).

Jangan sampai emosi sesaat dapat merusak seluruh hidup anda. Perkataan yang di keluarkan pada saat marah dapat membekas begitu lama pada hati orang yang di sakiti. Ucapan dan perilakumu saat marah dapat membuat anda menyesal di kemudian hari nanti.

Jagalah setiap perkataan yang anda ucapkan. Anda tidak akan pernah tau kapan anda akan meninggalkan dunia ini. Apakah anda ingin di kenang sebagai pemarah? Apakah anda ingin kata-kata terakhir anda berisikan keluhan, sumpah serapah, atau bahkan kutukan? Apakah anda pergi ingin meninggkalkan kata-kata yang berkesan bagi keluarga atau orang-orang di sekitar anda?
Katakanlah kepada keluarga, orang-orang yang anda kasihi dan sahabat-sahabat kalau anda menyayangi mereka. Ucapkanlah setiap hari, setiap saat. Mungkin awalnya ini sulit atau bahkan aneh, tetapi jika sudah terbiasa melakukannya, anda akan mendapatkan energi cinta yang sangat besar. Kata-kata cinta, ucapan sayang dan belas kasih dapat memberi semangat bagi orang-orang yang mendengarnya. Begitupun pada diri anda.

Kadang kita jarang tau bahkan tidak pernah menyatakan ucapan sayang kepada orang-orang terdekat. Kadang kita melakukannya tetapi hanya skali saja. Mulai sekarang jangan ragu, ucapkanlah selagi anda ada waktu. Orang-orang di sekeliling anda akan merasakan bahwa diri anda di penuhi kebaikan.

Berkatalah baik setiap hari, setiap saat, karena anda tidak akan pernah tau kapan anda akan pergi selamanya. Kata-kata yang baik akan selalu di kenang oleh orang-orang yang anda kasihi selama hidup.
Biasakan berkata baik setiap saat, seakan-akan itu kata-kata terakhir anda di dunia.

Barang siapa yang beriman kepada allah dan hari akhir maka hendaknya dia berkata yg baik atau diam. (Hr. Bukhari-Muslim).

NASIHAT_PRIBADI_YANG_BERMANFAAT.

comments