12 Rabiul Awwal 1440 H

Kisah hidup yang penuh tantangan.

Kategori Motivasi
Di lihat 395 kali

Hits: 103

Kisah hidup yang penuh tantangan yang penulis alami.
Oleh: DWIWAP.COM

Hidup ini penuh dengan kesulitan dan tantangan. Tidak ada satu manusiapun yang hidupnya begitu lancar dan mulus. Bahkan para nabi yang imannya kuatpun hidupnya penuh tantangan dan ujian yang begitu besar.

Kenapa Allah menguji dengan berbagai macam kesulitan hidup dan membiarkan manusia terpuruk dalam musibah?
Kenapa Allah membiarkan kita bersedih dan meneteskan air mata?
Jika di pikir-pikir kenapa Allah kok begitu kejam membiarkan diri kita di rundung kemalangan?

Semua yang terjadi pada diri anda ada maksudnya. Allah tidak akan memberikan kebahagiaan dan kesedihan dgn sia-sia. Di balik setiap kebahagiaan ada ujian yang tersembunyi. Begitu juga di balik segala kesulitan hidup, Allah sebenernya ingin “berbicara” kepadamu dan memberi hidayah yang besar.

Seandainya hidupmu selalu indah, mungkin anda tidak akan mengenal gigihnya bangkit dari kegagalan. Dalam kurun-kurun waktu hidupmu, pasti anda akan mengalami kegagalan. Jika anda tidak pernah gagal, mungkin hidup anda akan menjadi biasa atau datar. Jika hidup anda enak terus mungkin anda tidak akan merasakan nikmatnya berjuang. Manusia di berikan kelebihan yaitu kemampuan untuk beradaptasi. Jika manusia mengalami kesulitan, dirinya akan berusaha bangkit dan menyesuaikan diri menghadapi kesulitan tersebut.

Jika anda jatuh bangkitlah dengan gigih. Disitu sebenernya allah ingin melihat kegigihanmu dalam berdoa dan berusaha. Banyak orang besar yang justru sukses karena kegagalan dan kesulitan. Tantangan akan membuatmu menjadi lebih matang. Ujian merupakan tempaan agar imanmu menjadi kuat. Tanpa kegagalan anda tidak akan menjadi sosok yang besar. Seandai hidup anda selalu berjalan mulus, anda tidak akan mengenal nikmatnya sabar.

Banyak orang yang menginginkan hidupnya mulus tanpa masalah. Tetapi jika seandainya jalan hidup anda begitu mulus dan lancar, mungkin diri anda akan menjadi malas dan lemah. Jika diri anda di timpa masalah biasanya hatinya bergejolak. Rasanya ingin mengeluh, marah dan berteriak. Justru disinilah anda akan di liat apakah diri anda bisa sabar menghadapi kesulitan. Dengan bersabar, anda menahan diri dari segala godaan. Membuat diri anda tenang dapat menjadikan diri anda lebih bijaksana. Disinilah nikmatnya sabar. Anda melatih diri anda sendiri menjadi pribadi yang tangguh dan dewasa.

Rintangan dan masalah akan menguji hati anda. Ujian dan musibah akan menguatkan iman anda. Kesabaran akan menjadikan anda orang yang  kuat. Seandainya anda tidak pernah kecewa, anda tidak akan mengenal apa yang namanya ikhlas. Jika di tinggal orang yang anda cintai, pasti anda akan kecewa. Jika gagal mencapai sesuatu anda juga akan kecewa. Jika menerima musibah yang buruk, jelas anda akan kecewa. Jika anda kecewa, anda akan mengalami suatu kondisi di mana hati anda harus merelakan sesuatu pergi. Atau menerima sesuatu yang tidak di inginkan.

Di sinilah keridhaan hati anda ingin di liat oleh Allah. Apakah dengan di beri sesuatu yang tidak mengenakan hati anda akan tetap menerima keputusannya. Apakah dengan kecewa, anda bisa merelakan sesuatu di ambil dari anda. Saat anda kecewa anda belajar arti ikhlas. Apakah anda bisa menerima keputusan Allah yang datang pada anda, apapun itu. Apakah anda bisa menerima segala kekecewaan dengan lapang dada dan ikhlas.

Seandainya keinginanmu langsung terwujud anda tidak akan pernah merasakan indahnya berdo’a. Jika seandainya semua keinginan anda langsung terwujud di depan mata, anda akan malas berdoa. ” untuk apa lagi aku berdoa memohon kepad allah kalau aku sudah punya semuanya”.

Anda bisa menjadi sombong dan takabur. Hati anda akan merasa kalau semuanya terjadi bukan karena kehendaknya melainkan karena kerja keras anda semata. Justru dengan di beri kesulitan hidup anda akan sadar bahwa diri anda sangat kecil dan membutuhkan pertolongan dari sang pencipta. Dengan berdoa, bukan berarti anda lemah, tetapi anda akan menjadi rendah hati. Dengan berdoa anda juga akan makin sering bertemu dan bercakap-cakap dengan Alllah. Anda akan menangis, bersujud dan mencurahkan segala gejolak hati kepada kekasih sejati yang paling dekat dengan anda yaitu Allah. Disinilah nikmatnya berdoa. Allah akan selalu mendengarkan doa-doa yang di panjatkan dari hati yang tulus.

Semua hal yang terjadi ada maksutnya, ada hikmahnya. Di balik segala kesulitan, Allah akan membukakan sebuah kemudahan di tempat yang selama ini anda tidak menyadarinya. Insya Allah dari segala kesedihan anda Allah akan menhhapuskan dosa-dosamu. Insyaallah dari segala masalahmu Allah akan menguatkan imanmu, menjadikanmu pribadi yang lebih tinggi derajatnya. Jangan pernah menyalahkan diri sendiri, menyalahkan orang lain, apa lagi menyalahkan Allah Swt. Atas kesedihan dan kesulitan hidup yg sedang anda hadapi. Semoga tulisan ini bisa memotivasi dan menginspirasi anda. Amiin

comments

tags: