12 Jumadil Awwal 1440 H

Fanatik dan taqlid.

Kategori Inspirasi
Di lihat 1059 kali

Hits: 46

Fanatik dan taqlid.
Penulis: DWIWAP.COM

Fanatik adalah perilaku yang menunjukkan ketertarikan terhadap sesuatu secara berlebihan. Bisa dikatakan seseorang yang fanatik memiliki standar yang ketat dalam pola pikirnya dan cenderung tidak mau mendengarkan opini maupun ide yang dianggapnya bertentangan.

Semua ini penulis jumpai di mayoritas orang dan mayoritas umat islam atau kebanyakan, karena mereka condong fanatik ke ulama tertentu, fanatik ke golongan tertentu, fanatik ke mazab tertentu. Bahkan itu semua bukan hanya di katakan fanatik, tapi fanatik buta. Selagi condong membela yang benar sesuai sariat yang di tentukan Allah dan Rosul itu bukan fanatik. Kalau toh boleh fanatik. Silahkan fanatik buta kepada Allah dan Rosulnya.

Dan taqlid yaitu keyakinan suatu faham pendapat ahli hukum yang terdahulu yang di percaya namun tidak seseorang tersebut tidak mau melihat dasar alasan ahli hukum tersebut membuat suatu perkara. Taqlid tidak boleh, ini berlaku bagi yang awam maupun tidak, yang boleh yaitu itiba’ kalau toh mau ngeyel tetep mau taqlid. Taqlidlah dengan hal yang di sariatkan oleh islam Yaitu taqlid kepada Alqur’an dan hadits yang sahih, atau taqlid kepada Allah dan rosulnya, tidak boleh taqlid ke hal yang menyelisi sariat islam dalam kata lain di larang taqlid, taqlid bisa mematikan kreativitas ketajaman hati dan ketajaman pikiran.

comments

tags: